Tiba-tiba ‘Geser’ Safrial, Siapa Syafril Nursal ?

2209

 

Penyerahan rekomendasi dukungan Partai Demokrat untuk Pilgub jambi, oleh Ketua Umum Partai Demokrat, AHY/ist

RODABERITA.ID, Jambi – Percaturan politik memang tidak pernah lepas dari dinamika. Berbagai hal tak terduga bahkan sedikit mengejutkan kerap kali mewarnai, terlebih menjelang sebuah perhelatan akbar politik.

Tak terkecuali dengan percaturan politik di Jambi, menjelang hajatan akbar lima tahunan Pemilihan Gubernur Jambi, yang puncaknya akan digelar serentak pada medio Desember mendatang.

Seperti munculnya ‘nama baru’ dalam hiruk pikuk politik menuju Pilgub Jambi, yakni nama Syafril Nursal.

Berita Terkait: Kejutan.!! Demokrat Resmi Dukung Fachrori Umar-Safril Nursal

Berita Terkait: Beredar KTA Safrial Jadi Kader Demokrat, Ini Kata Tim Relawan

Ya, nama Syafril Nursal terkesan seperti tiba-tiba saja ‘menggeser’ nama besar lainnya, Safrial yang tak lain adalah Bupati Tanjung Jabung Barat.

Bagaimana tidak, sejak beberapa bulan terakhir, nama Safrial semakin santer terdengar diperbincangkan. Dimana sosok politisi senior PDIP ini digadang-gadang bakal ikut ambil bagian pada pesta politik akbar Jambi. Ia disebut-sebut bakal mendampingi kandidat calon incumbent, Fachrori Umar.

Namun kasak kusuk ini seolah terpatahkan saat Partai Demokrat mengeluarkan rekomendasi dukungannya pada Pilgub Jambi, kepada calon incumbent, Fachrori Umar (FU).

Mengejutkan memang, rekomendasi Partai berlambang Mercy dengan tujuh kursi di DPRD Provinsi Jambi, yang diberikan langsung oleh ketua umumnya, AHY itu ternyata bukan untuk pasangan FU-Safrial, melainkan FU-Syafril Nursal.

“Ya rekomendasi sudah diserahkan tadi di Jakarta, diserahkan langsung oleh AHY. Untuk pasangan FU-Syafril Nursal,” ujar Burhanudin Mahir, ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, Selasa (18/8) malam.

Lantas siapa sebenarnya sosok Syafril Nursal ini? bukankah nama tersebut nyaris tak terdengar dalam kaitannya dengan kontestasi Pilgub Jambi 2020 ini?

Dikutip dari berbagai sumber, Irjen. Pol. Drs. H. Syafril Nursal, S.H., M.H merupakan putra kelahiran Kerinci, 3 Oktober 1962.

Pria 57 tahun itu adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 3 Agustus 2020 mengemban amanat sebagai Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri.

Baca Juga: Kasus Korupsi Mandek, Kejati Jambi Kembali Didemo

Baca Juga: KOMPAD Jambi Desak Kejati Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Bagi Hasil Kebun Kwarda Pramuka

Syafril Nursal, juga pernah menjabat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah, sejak 6 Desember 2019 hingga 3 Agustus 2020.

Perwira polisi bintang dua ini merintis karir penegak hukumnya, dengan menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian sejak 1986.

Baca Juga: Ahmad Fauzi Langsung Tinjau Turap Bronjong yang Ambruk

Baca Juga: Guru Tenaga Kontrak/ASN Tak Boleh Nyalon BPD, Zubir: Itu Diperkuat SE

Baca Juga: Kepala Desa Guguk ‘Main’ PETI? Modus Aksi Kerabat Urus Alat

Sebelumnya, ia merupakan salah satu siswa di SMA Negeri 1 Kota Jambi pada tahun 1982, selain itu ia juga merupakan alumni S1 Hukum Universitas Pancasila Jakarta, serta Pasca Sarjana Hukum Universitas Bhayangkara Surabaya.

REPORTER: zhf
EDITOR: Zurmen Hf