Sering Gagal Panen, Petani Rantau Makmur Harapkan Pengairan

228
Ilustrasi/Ist

RODABERITA.ID, Tanjabtim – Potensi perekonomian yang diharapkan masyarakat penduduk desa yang berprofesi sebagai petani di Desa Rantau Makmur, Kecamatan Berbak, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Jambi, masih membutuhkan perhatian serius oleh pemerintah daerah.

Di sektor pertanian terkhusus tanaman palawija (holtikultura) sering mengalami kegagalan panen. Di sebabkan adanya banjir tahunan, karena memang posisi desa berada di pinggiran sungai Batanghari Jambi.

Hal ini seperti yang disampaikan salah seorang anggota kelompok tani, RT 01, Dusun 4, Desa Rantau Makmur, Jumaidi (30).

Baca Juga: Viral, Janda Cantik Ini Jual Rumah Beserta Penghuninya

“Panennya kadang dapat, kadang juga gagal bagaikan berjudi,” ujarnya kepada awak media saat mengunjungi areal petani, Kamis sore (16/7) atau sekitar pukul 15.00 WIB.

Oleh karena itu, lanjut Jumaidi, pihaknya mengharapkan pemerintah setempat segera mencarikan solusi, contohnya irigasi pengairan.

Baca Juga: KOMPAD Jambi Desak Kejati Usut Tuntas Dugaan Korupsi Dana Bagi Hasil Kebun Kwarda Pramuka

“Aktivitas penanaman cabe yang kurang lebih dari awal terbentuknya kelompok tani adalah 60 hektar. Namun pada saat ini hanya tinggal kurang lebihnya 30 hektar dan jika dihitung kerugian materi saat kami gagal panen, sekitar Rp 15 juta tapi kalau lolos dari air bisa dapatlah,”
paparnya.

Terpisah, Kepala Desa Suparto, menyampaikan, kondisi tersebut sering dikeluhkan warga kepada dirinya.

Baca Juga: Tak Sanggup Tangani Polemik Batu Bara? LMPP Provinsi Jambi Tuntut Mundur Kadis ESDM

Baca Juga: Proyek ‘Siluman’ Pengerasan Jalan Koto Renah-Renah Pelaan Dipertanyakan Warga?

“Memang betul sungguh miris melihat warga yang berprofesi sebagai petani, terkadang mengalami kegagalan karena memang itu faktor alam. Meski begitu kami bersama ketua gapoktan telah mengajukan proposal ke pemkab,” katanya.

Sementara hingga berita ini dirilis, Rodaberita.ID belum berhasil mendapat konfirmasi daru pihak Dinas Pertanian Tanjabtim.

REPORTER: Muchtar Nasution

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here