Debat Cagub Jambi, Ini Program Unggulan Haris-Sani

139
Dari kanan; Al Haris, dan Abdullah Sani/Ist

RODABERITA.ID, Jambi – Sebelum mengikuti debat kandidat malam ini, Calon Gubernur Jambi Al Haris dan Calon Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani (Haris-Sani) bersama tim pemenangan mematangkan program-program unggulan di sebuah hotel dalam Kota Jambi.

Adalah Covid-19, menjadi isu strategis program unggulan Paslon berjargon ‘Mantap’ ini. Fokus misi-nya nanti adalah penyaluran BLT, vaksinasi, masker dan pemberian handsanitizer bagi keluarga terdampak virus corona.

Musri Nauli SH, Direktur Media Opini dan Publikasi Provinsi Jambi menjelaskan, dua tahun berikutnya kepemimpinan Haris-Sani sebagai Gubernur-Wakil Gubernur Jambi adalah pembangunan rumah sakit khusus wabah.

Program unggulan lainnya seperti internet gratis, bedah rumah, beasiswa dan permodalan untuk usaha kecil. Sedangkan masalah keagamaan, diadakan program umroh untuk guru gaji/pegawai sara dan hafidz Al Quran.

Selain itu, disediakan dukungan honorarium untuk guru gaji sehingga anak SD dapat mengaji di dekat masjid dekat rumah. Program ini kemudian dikenal sebagai program  sore mengaji. Targetnya satu desa satu hafidz.

Program-program unggulan dan dapat dilaksanakan kemudian dikenal sebagai program tagline “Dumisake”.

Dalam waktu 2-3 tahun, maka Jambi Islamic Center akan dibangun sebagai pusat peradaban Islam di Jambi. Selain itu akan dibangun pula Jambi Sport center.

Konsentrasi program lain yakni membangun kawasan ekonomi baru yang dikenal Sentusa (Sengeti–Tungkal–Sabak). Menumbuhkan ekonomi baru dan sebagai pusat hilirisasi hasil perkebunan seperti karet dan sawit.

Namun dari semua program itu, Haris-Sani tidak akan mengabaikan ketahanan pangan. Melindungi kawasan-kawasan pertanian yang tidak dapat dijadikan kawasan lain (wilayah proteksi). Daerah ini kemudian ditetapkan sebagai kawasan pertanian.

Ditemui usai mengikuti pemantapan materi untuk mengikuti debat kandidat, Al Haris menyampaikan kesiapannya. “Saya siap. InsyaAllah,” tegasnya.

“Begitu program ini saya sampaikan didebat kandidat, maka saya dapat memastikan program ini dapat berjalan. Dengan mengukur kapan dilaksanakan. Tahun pertama, tahun kedua dan seterusnya. Sehingga janji saya kepada masyarakat Jambi dapat dilaksanakan,” ujarnya.

“Nanti lihat acaranya, ya. Ada strategi dan kejutan yang kita berikan,” jabar Bupati Merangin 2 periode ini. (*)